MAFAHIM ISLAM

MEMAHAMI ISLAM DENGAN MUDAH

Oleh : Azhari


Nonton film dokumenter "Downfall: The Case Against Boeing" yakni kecelakaan 2 pesawat Boeing 737 MAX pada Lion Air dan Ethiopian Airlines (tahun 2018 & 2019). Dimana Boeing menggunakan sensor MCAS yang berfungsi menurunkan hidung pesawat jika hidung pesawat naik terlalu tinggi (stall).

 

MCAS digunakan pada 737 MAX, modifikasi dari pesawat sebelumnya 737. MCAS tidak diinformasikan kepada Airlines pembeli pesawat karena urusannya jadi panjang, sertifikasi dari FAA Amerika dan training seluruh pilot pengguna 737 MAX, tentu saja memakan waktu lama dan biaya mahal.

 

Akibatnya, saat pesawat menukik karena MCAS mendorong hidung pesawat kebawah maka seharusnya pilot mematikan sistem MCAS dan mengangkat kembali pesawat. Tapi karena tidak ada informasi dan pelatihan, pilot kebingungan akhirnya pesawat jatuh, kasus terjadi pada pesawat Lion dan Ethiopian. Setelah kasus 2 pesawat jatuh baru kemudian dilakukan investigasi dan semua pesawat 737 MAX dilarang terbang tahun 2019. Setelah melakukan perbaikan tahun 2021 pesawat 737 MAX dibolehkan terbang kembali.

 

Hikmah, hanya sebuah alat kecil yakni sensor MCAS pada hidung pesawat bisa berakibat fatal pada keamanan pesawat. Kadang saat kita didalam pesawat dan diatas langit, kecelakaan bisa kapanpun terjadi jika Allah berkehendak, betapa lemahnya manusia saat itu dan hanya kepada Allah kita memohon pertolongan.

0 comments:

AZHARI

AZHARI

Renungan

KEBERANIANKU TIDAK AKAN MEMPERPENDEK UMURKU

KETAKUTANKU TIDAK AKAN MEMPERPANJANG UMURKU

AKU AKAN TERUS BERJUANG SEMAMPUKU

UNTUK KEBENARAN DAN KEADILAN

HINGGA ALLAH MEMANGGILKU PULANG

ALLAHU AKBAR !



free counters

Pernyataan

Silahkan mengutip artikel di blog ini karena hak cipta hanya milik Allah swt.