MAFAHIM ISLAM

MEMAHAMI ISLAM DENGAN MUDAH

Oleh : Azhari


Bagi mereka yang berumur diatas 50 tahun sebaiknya mengurangi olahraga benturan, karena dampaknya tidak baik bagi kesehatan lutut. Olahraga benturan seperti badminton, tenis, joging, futsal, dll, sedangkan olahraga tanpa benturan seperti berenang, jalan kaki, sepeda, dll. Lantas seberapa seringkah kita sebaiknya berolahraga dan jenis olahraga apakah yang dipilih?

 

WHO menyarankan olahraga 150 menit dalam seminggu, tentu saja disesuaikan dengan kondisi kita dan tidak harus sebanyak itu. Juga disarankan waktu 150 menit tidak dilakukan dalam waktu yang sama, misal olahraga sehari 2 jam setelah itu vakum selama seminggu. Sebaiknya dibagi rata per-harinya, misal selama 30 menit sehinga tubuh tidak terlalu lelah dan beresiko cedera.

 

Dalam sebuah seminar kesehatan di kantor, Dokter menjelaskan bahwa jika olah raga secara rutin maka badan menjadi sehat, stamina terjaga, membakar lemak sehingga tidak obesitas, aliran darah/oksigen ke otak lancar sehingga fikiran menjadi segar.

 

Aliran darah yang lancar tidak hanya ke otak tapi keseluruh tubuh, termasuk pada bagian organ seksual. Perlu diketahui ereksi yang terjadi pada laki-laki karena aliran darah yang kuat, jika aliran darah tidak kuat maka terjadi impotensi. Jadi wajar jika kita rajin olah raga libido menjadi naik.

 

Hal lain, jika kita olah raga minimal 20 menit maka Telomere akan memanjang, jika Telomer memanjang maka tubuh lebih awet muda, artinya memperlambat proses penuaan. Telomere adalah rentang DNA pada ujung kromosom yang mempengaruhi penuaan sel.

 

Lebih utama manakah olahraga “Kardio” dan “Penguatan Otot” (strength training). Olahraga Kardio untuk penguatan jantung dan membakar lemak, sedangkan olahraga Penguatan Otot untuk membentuk tubuh ideal. Porsi Kardio atau Penguatan Otot tergantung kebutuhan, jika badannya obesitas maka porsi Kardio lebih banyak, karena jika Penguatan Otot lebih banyak maka jadinya seperti meniup balon. Jadi kuruskan badannya dahulu baru membentuk otot.

 

Olahraga Kardio bisa dilakukan dengan berenang, jalan kaki, sepeda, dll, sedangkan Penguatan Otot bisa dilakukan dengan fitness dan angkat beban ke Sport Center atau melakukan sendiri dirumah dengan alat Home Gym dan barbell set. Saya biasanya olah raga 20-30 menit setiap 2 hari sekali, selang-seling antara olahraga Kardio (gowes) dan Penguatan otot (fitness).

 

Tentu saja pilihan olahraga apa yang disukai atau sesuai hobi, karena tanpa hobi olahraga menjadi sesuatu yang membosankan.


0 comments:

AZHARI

AZHARI

Renungan

KEBERANIANKU TIDAK AKAN MEMPERPENDEK UMURKU

KETAKUTANKU TIDAK AKAN MEMPERPANJANG UMURKU

AKU AKAN TERUS BERJUANG SEMAMPUKU

UNTUK KEBENARAN DAN KEADILAN

HINGGA ALLAH MEMANGGILKU PULANG

ALLAHU AKBAR !



free counters

Pernyataan

Silahkan mengutip artikel di blog ini karena hak cipta hanya milik Allah swt.