MAFAHIM ISLAM

MEMAHAMI ISLAM DENGAN MUDAH

Oleh : Azhari


Kemaren ketemu teman yang menderita diabetes akut. Tulisan ini menggambarkan bahwa diabetes tidak melulu karena faktor genetik (keturunan) tapi pola hidup (life style) juga sangat berperan.

 

Jadi, dia cerita bahwa selama 10 tahun bekerja keras, berangkat subuh pulang jam 10 malam. Setelah pulang kantor makan malam dan minum kopi 1 mug besar dengan 3 sendok gula. Setelah makan malam tidak bisa langsung tidur, bisa tidur jam 12 malam. Sebelum tidur makan mie instan lagi. Merokok juga kuat, rokok kretek 2 bungkus sehari.

 

Setelah menjalani pola hidup seperti diatas selama 10 tahun dia terkena diabetes, kemudian mulai sadar dan berhenti makan malam, mie instan, minum kopi dan merokok. Sekarang dia harus makan obat 2 kali sehari untuk mengontrol gulanya, tahun lalu terkena stroke ringan dan sekarang sudah normal kembali.

 

Dari kasus diatas kita bisa mengambil pelajaran bahwa mereka yang orang tuanya tidak menderita diabetes bisa terkena diabetes karena pola hidup. Jadi mari introspeksi masing-masing, apakah pola hidup kita sudah sehat; makanannya sehat, tidak merokok, rajin olah raga, salah satu yang terpenting adalah menjaga pikiran agar tidak stress karena sumber penyakit juga dari pikiran.


0 comments:

AZHARI

AZHARI

Renungan

KEBERANIANKU TIDAK AKAN MEMPERPENDEK UMURKU

KETAKUTANKU TIDAK AKAN MEMPERPANJANG UMURKU

AKU AKAN TERUS BERJUANG SEMAMPUKU

UNTUK KEBENARAN DAN KEADILAN

HINGGA ALLAH MEMANGGILKU PULANG

ALLAHU AKBAR !



free counters

Pernyataan

Silahkan mengutip artikel di blog ini karena hak cipta hanya milik Allah swt.