MAFAHIM ISLAM

MEMAHAMI ISLAM DENGAN MUDAH

Oleh : Azhari


Film documenter Netflix “Trial by Media”, salah satu kisah PENCITRAAN terkenal menggunakan media. Pendiri perusahaan Health South, Richard Scrushy dituduh melakukan penipuan keuangan sehingga mempunyai kekayaaan luar biasa; perusahaan, rumah, yacht, mobil, lukisan, dll.

 

Media menghakimi penuh kebencian, sebagian besar komunitas kulit putih Alabama membencinya. Kemudian Richard bergabung dengan komunitas gereja kulit hitam, mendatangi berbagai gereja dan berkhotbah, memberikan sumbangan melalui yayasannya. Membeli acara TV View Point, menjadi host dan menjadi penginjil. Richard memperbaiki citranya, terlihat sangat saleh dan memperoleh simpati.

 

“No matter how thin you make it, there’s two sides to every pancake”

Maksudnya selalu ada sisi lain yang berbeda antara versi Jaksa Penuntut dan versi Pengacara. Dalam persidangan dicitrakan Richard dari keluarga miskin, bekerja keras hingga sukses, apa salahnya dia menikmati kesuksesannya dengan mengkoleksi banyak rumah, yacht, mobil, lukisan, dll.

 

Luar biasa pencitraan yang dilakukan Richard sehingga lolos dari hukuman dengan putusan “Tidak Bersalah” Justru yang disalahkan CFO-nya sebagai dalang dari penipuan perusahaan.

 

Jangan-jangan para Politikus belajar dari kasus ini juga. Mendatangi mesjid dan pesantren, menemui kiai dan ulama, memberikan sumbangan, memakai gamis dan sorban, menjadi imam shalat. Pidato pengantar dengan bahasa arab meskipun belepotan, mengutip ayat dan hadis. Terlihat sangat merakyat. Semuanya disorot media, jika perlu posisi imam dipindah pada shaf pertama agar mendapatkan sudut kamera yang pas.

 

Pada akhir kisah, salah satu pendeta kulit hitam menyatakan bahwa saat kasusnya mencuat Richard rutin mendatangi gerejanya. Tetapi setelah menang kasus yg menimpanya Richard jarang terlihat digerejanya. Apakah para politikus itu setelah menang masih sering mendatangi mesjid, berpakaian gamis dan sorban, memberikan sumbangan, menjadi imam shalat? Anda tahu jawabannya..


0 comments:

AZHARI

AZHARI

Renungan

KEBERANIANKU TIDAK AKAN MEMPERPENDEK UMURKU

KETAKUTANKU TIDAK AKAN MEMPERPANJANG UMURKU

AKU AKAN TERUS BERJUANG SEMAMPUKU

UNTUK KEBENARAN DAN KEADILAN

HINGGA ALLAH MEMANGGILKU PULANG

ALLAHU AKBAR !



free counters

Pernyataan

Silahkan mengutip artikel di blog ini karena hak cipta hanya milik Allah swt.